Tips Membeli Mobil Bekas dari Majalah Otomotif Online

Saat ini semakin banyak masyarakat Indonesia yang memiliki kendaraan mobil. Kondisi ini jauh berbeda dari satu atau dua dekade yang lalu. Untuk mereka yang memiliki budged cukup tinggi tentu saja lebih memilih untuk membeli mobil baru bagi kendaraan baru mereka, namun bagi mereka yang memiliki budged lebih sedikit opsi mobil bekas bisa menjadi pilihan yang lebih baik.

Dalam membeli mobil tentu saja perlu untuk melakukan berbagai pengecekan untuk mendapatkan kendaraan yang mobil bekas dalam kondisi yang baik. Lalu bagaimana cara untuk membeli mobil bekas berkualitas?

Kali ini kita akan memberikan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan pembelian mobil bekas dari media otomotif online dan majalah otomotif online.

Hal yang perlu diperhatikan saat akan membeli mobil bekas:

Jangan tergiur harga murah

Seperti yang dikatakan Irawan, saat ini banyak iklan di media yang menawarkan mobil bekas dengan harga yang murah. Sebaiknya jangan tergiur dengan harga-harga miring yang ditawarkan. Sebagian besar iklan di koran hasilnya mengecewakan.

Membeli di tempat yang dipercaya

Jangan membeli mobil bekas di sembarang tempat. Apalagi di tempat-tempa penjualan yang ilegal dan tidak resmi. Belilah di tempat penjualan yang memang sudah memiliki brand dan memang bisa dipercaya. Tempat yang sudah memiliki brand (nama) akan berusaha menjaga nama baiknya sehingga mereka tidak ingin dikomplain pembeli. Tempat yang bisa dipercaya juga biasanya berani memberikan jaminan, bahkan hingga 100 persen uang kembali jika mobil dibeli ternyata cacat. Mereka juga tidak sembarangan suplay mobil untuk dijual. Biasanya mereka suplay dari perusahaan-perusahaan produsen mobil yang sudah besar.

Jangan tergesa-gesa membeli

Seorang pembeli di bursa mobil bekas WTC Mangga Dua mengatakan sebaiknya kalau membeli mobil bekas jangan membawa istri. Menurutnya, wanita biasanya memilih mobil secara emosional. Mudah tergoda dengan tampilan yang bagus. Padahal yang terlihat bagus bisa jadi cuma luarnya saja.

“Saya kalau membeli mobil bisa survey 2 – 3 kali. Awal-awal paling cuma bawa 500 ribu. Biar nggak tergoda,” kata pembeli yang sudah dua kali membeli mobil bekas di WTC Mangga Dua.

Cek kondisi bodi

Perhatikan bagian-bagian bodi mobil yang mungkin sudah diganti. Caranya bisa dengan mengecek di Google kondisi mobil baru tersebut. Lalu bandingkan dengan mobil bekas yang dijual. Cek mulai dari bagian dalam dan luar mobil. Misalnya pintu mobil apakah pernah diganti, pastikan lebar nat antara pintu dan kusen sama lebar di sekeliling pintu. Bila beda, boleh jadi itu pernah tabrakan atau patah.

Cek kondisi mesin

Untuk mengecek kondisi mesin dibutuhkan kemampuan teknikal yang mumpuni. Mobil yang bekas banjir biasanya suaranya lebih keras dari mobil normal. Atau sebaiknya Anda perlu mengajak seorang teknikal untuk mengecek. Saat ini bengkel-bengkel mobil juga sudah semakin canggih dan menggunakan sistem komputerisasi.

Cek dokumen kendaraan

Saat ini dokumen mobil bekas banyak bodong alias palsu. Sebaiknya Anda jeli terhadap surat-surat kendaraan yang ada. Sebelum melakukan pembayaran, periksa STNK, BPKB, dan surat-surat lainnya. Anda bisa fotokopi dokumen dan mengeceknya di Polda terdekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *